Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Beberapa Bencana Seperti Terkait Lingkungan Kerja Kamu


Rescuers on boats search for victims as the remains of Kutai Kertanegara bridge is seen in the background after it collapsed, in Tenggarong, East Kalimantan, Indonesia, Saturday, Nov. 26, 2011. The busy bridge collapsed Saturday in central Indonesia, killing at least three people and injuring 17 others as a bus, cars and motorcycles crashed into the river below, police and witnesses said. (AP Photo) Sat, Nov 26, 2011
……..
http://www.kutaikartanegara.com
……..
……..
……..
David Beckham
……..
Robby Keane
……..
Los Angeles Galaxy’s David Beckham kicks the ball during their friendly match against Indonesia Selection at Gelora Bung Karno stadium in Jakarta, Indonesia, Wednesday, Nov. 30, 2011. The match was part of LA Galaxy’s Asia Pacific Tour. (AP Photo/Dita Alangkara) Wed, Nov 30, 2011
……..
Los Angeles Galaxy player David Beckham (R) competes with Indonesia selection team player Andik Vermansyah (L) during their exhibition match at Bung Karno Stadium in Jakarta on November 30, 2011. Los Angeles Galaxy is visiting Indonesia as part of their Asia Tour before going to the Philippines and Australia. AFP PHOTO / Bay ISMOYO (Photo credit should read BAY ISMOYO/AFP/Getty Images) Wed, Nov 30, 2011
……..
Los Angeles Galaxy’s David Beckham (R) exchanges shirts with Indonesia Selection’s Andik Vermansyah (L) after their Asian tour at Bung Karno stadium in Jakarta November 30, 2011. i>REUTERS/Supri (INDONESIA – Tags: SPORT SOCCER) Wed, Nov 30, 2011
……..
……..
……..
7 Mobil Berada di Dasar Sungai Mahakam
……..
Koran Kaltim
Sindikasi – Kamis, 1 Desember 2011 | 07:00 WIB
……..
INILAH.COM, Tenggarong – Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan ada tujuh unit mobil yang berada di dasar Sungai Mahakam. Tujuh mobil itu tercebur ke sungai ketika Jembatan Mahakam II runtuh pada Sabtu pekan lalu.
……..
Hal itu diketahui dari hasil pemindaian menggunakan multi beam echo sounder, atau alat sonar milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), kemarin. Tujuh mobil itu salah satunya adalah sebuah bus. Demikian diungkapkan Kepala Basarnas Pusat Marsekal Madya Daryatmo.
……..
Pemindaian dilakukan dan diketahui sebelum proses pengangkatan badan jembatan di dasar sungai dengan menggunakan balon dilakukan kemarin. Namun pengangkatan gagal lagi karena tim memutuskan mengangkat kendaraan di dasar sungai dulu sebelum mengangkat badan jembatan.
……..
……..
……..
……..
……..
Ada 7 Kendaraan Ditemukan di Dasar Sungai Mahakam
……..
TEMPO – Firman Hidayat
Rabu, 30 November 2011 | 14:24 WIB
……..
TEMPO.CO, Tenggarong – Hasil pemotretan side scan sonar di dasar Sungai Mahakam terdeteksi 7 bangkai kendaraan roda empat yang tenggelam akibat runtuhnya Jembatan Kartanegara di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu 30 November 2011. Satu unit kendaraan dengan ukuran besar masih terjebak di dalam rangka jembatan.
“Karena ukurannya besar mungkin tak bisa keluar dari rangka jembatan, kami duga itu kendaraan sejenis bus,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya Daryatmo, yang disampaikan kepada rombongan Komisi V DPR, Rabu 30 November 2011.
Menurut dia, selain kendaraan besar, seluruh kendaraan roda empat yang ada di dasar sungai sudah berada di luar rangka jembatan. Selanjutnya akan dilakukan evakuasi dengan menggunakan kapal tarik atau tug boat yang sudah ada di permukaan sebanyak 12 unit.
……..
……..
……..
……..
……..
KM Billy Diujicoba di Mahakam Hari Ini
……..
Koran Kaltim
Sindikasi – Jumat, 2 Desember 2011 | 04:25 WIB
……..
INILAH.COM, Tenggarong – Hari ini kapal feri roll on roll of (roro) atau feri angkut penumpang dan kendaraan, KM Billy, akan diujicoba di Kukar sebagai sarana transportasi alternatif.
……..
Dermaga untuk kapal roro ini akan dibangun di 500 meter sebelah selatan atau arah Loa Kulu dari lokasi runtuhnya Jembatan Mahakam II. Dermaga lain juga akan dibangun tepat di depan Kantor KPUD Kukar.
……..
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar, Otoy Usman, mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyelesaikan desain dermaga. Kontraktor pembangun dermaga akan ditunjuk oleh Kemenhub. Dana yang dipakai untuk proyek ini berasal dari dana penanggulangan bencana oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp20 miliar.
……..
Kepala Bidang Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Dishub Kukar, Suminto, mengatakan dermaga mulai akan dikerjakan dari Kamis minggu depan.
……..
……..
……..
……..


Waktu aku menulis “Ganti Batere Jam Laptop Tanggal 26 Dan Jembatan Kukar Runtuh“, aku nggak terlalu perhatikan di sungai manakah jembatan yang runtuh itu. Karena aku pikir keterkaitanku cuma sampai pada tahap ketika pagi hari tanggal 26 November 2011 itu aku turun dari Metromini di dekat Pasaraya blok M dan melihat jalan layang yang belum jadi sehingga seperti jembatan putus, dan kemudian siang hari sepulang dari Mangga Dua aku mampir di mesjid Pasaraya Blok M untuk sholat Lohor lewat bagian penjualan mainan anak-anak yang sedang memutar lagu “London Bridge Is Falling Down”, serta tanggal 26 yang kedengaran seperti “tanggal to end A.M.”.

Kemudian pada 30 November 2011 malam saat pertandingan LA Galaxy lawan Timnas Indonesia, sempat terlihat papan iklan Mahaka Sports di tepi lapangan, dan setahu aku memang promotor acara itu adalah kelompok usaha Mahaka dimana kamu sekarang bekerja. Aku sempat berpikir, apakah jembatan yang runtuh itu terletak di sungai Mahakam atau bukan, sebab kalau di sungai Mahakam berarti cuma beda satu huruf “m” saja dengan nama perusahaan Mahaka tempat kamu bekerja sekarang.

Tapi kemudian aku bantah sendiri, aku pikir di Kalimantan ‘kan banyak sungai, selain Mahakam ada juga Barito, Kapuas dan lain-lain.

Jum’at 2 Desember 2011 waktu sholat Jum’at, khotib menyebutkan “jembatan runtuh di sungai Mahakam……”, akupun jadi berpikir ….. lho, betulan di sungai Mahakam jembatan yang runtuh itu,  cuma beda satu huruf “m” saja dengan nama perusahaan Mahaka tempat Rahma Sarita bekerja sekarang…………

Siang hari sesudah sholat Jum’at aku pergi ke Mal Cinere. Semula mau ke kantor kamu, tapi karena sampai di depan Mal Cinere hujan mulai turun meskipun tidak terlalu besar, maka aku tunda rencana mau ke kantor kamu sebab kalau sampai dekat kantor kamu hujan semakin deras, percuma saja, aku tidak akan bisa turun dari bus karena untuk menuju ke kantor kamu masih harus jalan kaki sekitar 500 meter lagi dari halte bus.

Malam hari aku periksa di Internet peta jembatan yang runtuh itu, juga peta kota Tenggarong dan sungai Mahakam. Aku jadi berpikir, berarti untuk kesekian kali terjadi bencana yang seperti terkait lingkungan kerja Rahma Sarita.

Tahun 2004 setelah kamu kembali dari Inggris ikut suami studi, kamu muncul lagi di Metro TV yang dimiliki oleh pak Surya Paloh yang asal Aceh, kemudian pada akhir 2004 terjadi gempa dan tsunami di Aceh dengan korban ratusan ribu orang tewas di 12 negara.

Tahun 2008 akhir kamu pindah ke TV-One dengan pak Nurjaman Muchtar yang asal Jawa Barat sebagai wakil pimpinan redaksi dan pak Karni Ilyas yang asal Sumatera Barat sebagai direktur news dan sport. Sekitar satu tahun kemudian pada September 2009 terjadi dua gempa besar. Pada awal September 2009 gempa di Tasikmalaya Jawa Barat, korban tewas 175 orang dan ribuan rumah rusak, dan getaran gempa dirasakan sampai Jakarta sehingga para pekerja kantoran di gedung-gedung pencakar langit berlarian keluar. Pada akhir September 2009 gempa besar di Padang Sumatera Barat, ribuan korban tewas dan ribuan bangunan dan rumah rusak.

Tahun 2010 akhir kamu pindah ke stasiun TV baru dalam kelompok perusahaan Mahaka. Sekitar satu tahun kemudian pada akhir November 2011 jembatan Kukar yang melintasi sungai Mahakam runtuh, puluhan orang tewas.

Padahal waktu gempa besar di Padang akhir September 2009 itu, sempat muncul pendapat dari para ahli bahwa memang Padang terletak di kawasan rawan gempa sebagaimana sebagian besar wilayah Indonesia. Dan yang tidak berada di kawasan rawan gempa adalah pulau Kalimantan. Sehingga waktu aku dapat info kamu pindah ke stasiun TV baru dalam kelompok perusahaan Mahaka yang mirip nama sungai Mahakam di Kalimantan, aku pikir kamu berada dalam lingkungan kerja yang aman, tidak terjangkau oleh gempa. Tapi ternyata meskipun tidak di wilayah rawan gempa, tetap terjadi bencana juga berupa jembatan runtuh, dengan korban puluhan orang, jembatan kebanggaan warga setempat di Kalimantan Timur karena seperti Golden Gate di San Fransisco.

Apakah bencana-bencana besar yang seperti terkait lingkungan kerja kamu itu merupakan peringatan dari Allah karena kamu tidak kunjung menjalankan tugas dari Allah bersama aku, untuk kebaikan umat manusia ………………. Tentu kamu lebih tahu jawaban pertanyaan ini, sebab kalau aku yang kasih jawaban, aku bisa dituduh sekedar cari-cari kesempatan untuk mendapatkan kamu.


Jakarta, 4 Desember 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: