Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Seseorang Menyebut Kata Buku Di Medina


………
………
Minggu 3 Juni 2012 malam, di channel National Geographic ada video mengenai tokoh yang berperan penting dalam operasi Al Qaeda yaitu Ali Mohamed, seorang yang berasal dari Mesir dan pernah jadi tentara Mesir lalu jadi anggota CIA lalu jadi tentara Amerika lalu anggota FBI, tapi sekaligus membantu Osama Bin Laden juga.
Fort Bragg tempat Ali Mohamed bergabung menjadi tentara AS sejak tahun 1986 sampai 1989.
Mesjid Al Farooq di Brooklyn New York yang sejak tahun 1988 sering dikunjungi oleh Ali Mohamed.
Mesjid Al Farooq di Brooklyn New York, yang terletak di belakang toko buku. Semula mesjid itu merupakan tempat pengumpulan dana untuk melawan pendudukan Sovyet di Afghanistan, namun setelah Uni Sovyet berhasil dipaksa mundur pada tahun 1988, mesjid itu dimanfaatkan oleh Al Qaeda untuk membangun kekuatan di Amerika.
Tapi aku nggak tau apakah orang yang menawarkan buku kepada aku saat aku duduk menunggu sholat di dalam mesjid di Medina, betul-betul cuma menawarkan buku atau dia kasih kode soal mesjid Al Farooq di New York yang berada di belakang toko buku itu.
Tahun 1998 setelah memiliki bukti yang cukup, FBI menahan Ali Mohamed. Dan melalui negosiasi yang rumit dibantu para pengacara, pada tahun 2000 Ali Mohamed mengakui kesalahan-kesalahan dan Ali Mohamed bersikap kooperatif dengan memberi info-info penting mengenai Al Qaeda. Setelah peristiwa serangan teroris terhadap gedung kembar WTC pada 9 September 2001, Ali Mohamed segera dipindahkan ke bagian perlindungan saksi pada penjara yang dirahasiakan.
………
………
………


Pada saat aku Umroh sejak 17 sampai 27 April 2012 dengan rombongan terdiri dari 20 orang, cuma pada saat tertentu kami pergi dalam rombongan penuh ataupun hampir penuh. Misalkan saat sesuai jadwal mengunjungi tempat-tempat bersejarah, atau saat Thawaf dan Sa’i, atau saat sholat Tahajjud.

Sedangkan kalau sholat lima waktu, cuma dalam rombongan kecil dari masing-masing kamar yang berisi empat orang. Dan seperti pernah aku sebutkan, karena kalau menjelang pintu masuk mesjid harus melepas sandal dan menaruh di tempat yang baik, seringkali aku terpisah dari rombongan kecil sehingga lebih sering aku sendirian saja masuk mesjid pada saat sholat lima waktu.

Pada saat duduk menunggu sholat, selain mengisi waktu dengan mengaji, kalau kebetulan ada orang berwajah Indonesia aku sempatkan ngobrol. Walaupun sering juga keliru, bukan dari Indonesia tapi dari Malaysia.

Suatu hari saat aku duduk sendiri menunggu waktu sholat di mesjid Nabawi di Medina, dan di kiri serta kananku kosong, muncul seseorang tinggi kurus, berewokan tapi tidak terlalu panjang mungkin cuma sekitar setengah sentimeter panjang janggut kumis dan cambang dia.

Dia duduk di kananku, dan setelah beberapa saat dia bertanya dengan bahasa Indonesia apakah aku dari Malaysia atau Indonesia dengan suara pelan hampir berbisik. Aku bilang dari Indonesia. Dan dia bilang dia dari Palestina. Aku sempat heran, setahu aku orang Palestina jarang yang bisa bahasa Indonesia kecuali staf diplomat.

Bahasa Indonesia dia cukup baik, namun karena wajah dia mirip orang India sehingga aku pikir mungkin dia orang India dari Pasar Baru. Lalu dia bilang sudah menulis buku, dan dia menawarkan ke aku. Dia sempat ulangi beberapa kali kalimat itu, dan kadang dia ulangi dengan “ini soal buku ………”.

Aku bilang sama dia, aku Umroh diongkosin kakak dan kakak iparku, jadi kalau dia mau menawarkan buku lebih baik dia tawarkan ke orang lain saja. Dia cuma diam saja. Lalu azan Ashar terdengar, seperti biasa orang-orang segera maju mengisi shaf yang masih kosong di depan untuk sholat qabliyah dua-dua rokaat, demikian pula dengan aku sehingga langsung terpisah dari dia. Dan setelah itu aku tidak lihat lagi dia pergi kemana.

Hari Minggu kemarin 3 Juni 2012 malam, di channel National Geographic ada video mengenai tokoh yang berperan penting dalam operasi Al Qaeda yaitu Ali Mohamed, orang Mesir yang pernah jadi tentara Mesir lalu jadi anggota CIA lalu jadi tentara Amerika lalu anggota FBI, tapi sekaligus membantu Osama Bin Laden juga.

Tahun 1998 setelah memiliki bukti yang cukup, FBI menahan Ali Mohamed. Dan melalui negosiasi yang rumit dibantu para pengacara, pada tahun 2000 Ali Mohamed mengakui kesalahan-kesalahan antara lain dalam melakukan pengintaian terhadap sasaran yang akan dibom oleh Al Qaeda yaitu kedutaan AS di Kenya. Namun di pihak lain Ali Mohamed bersikap kooperatif dengan memberi info-info penting mengenai Al Qaeda. Tahun 2001 setelah peristiwa serangan teroris terhadap gedung kembar WTC yang terjadi pada 9 September 2001, Ali Mohamed segera dipindahkan ke bagian perlindungan saksi pada penjara yang dirahasiakan.

Sekarang setelah Osama Bin Laden telah tewas pada serangan di Pakistan bulan Mei 2011, seorang pengamat memperkirakan Ali Mohamed akan dibebaskan dengan mendapat identitas baru.

Dan ternyata pada video yang diputar di National Geographic Minggu malam itu, ada Mesjid Al Farouq di Brooklyn New York tempat dia sering datang sejak tahun 1988, yang terletak di belakang toko buku. Semula mesjid itu merupakan tempat pengumpulan dana untuk melawan pendudukan Sovyet di Afghanistan, namun setelah Uni Sovyet berhasil dipaksa mundur pada tahun 1988, mesjid itu dimanfaatkan oleh Al Qaeda untuk membangun kekuatan di Amerika.

Tapi aku nggak tau apakah orang yang menawarkan buku kepada aku di Medina itu, betul-betul cuma menawarkan buku atau dia kasih kode soal mesjid di New York yang berada di belakang toko buku itu. Atau dia sedang cari inspirasi dari aku, entahlah. Tapi setelah ketemu hari itu, aku tidak pernah ketemu lagi sama orang itu, entah mungkin dia emang cuma mau jualan buku barangkali.


Jakarta, 4 Juni 2012.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: