Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Ganti Batere Jam Laptop Tanggal 26 Dan Jembatan Kukar Runtuh


……… Tanggal 21 November 2011, hari Senin di Carrefour Blok M Square aku beli satu paket kemasan berisi 25 keping yang semula aku kira CD, seharga Rp. 79.900. Sekalian beli tempat plastik biru yang bisa muat sekitar 75 keping dengan harga Rp. 9.900, dan mendapat diskon Rp. 5000 sehingga harga total adalah Rp. 84.800,-.
Keesokan hari, Selasa 22 November 2011 pagi-pagi baru aku periksa di rumah, ternyata yang aku beli itu bukan CD melainkan DVD. Kalau CD ‘kan berkapasitas 700 MB, sedangkan DVD itu masing-masing berkapasitas 4,7 GB, berarti aku tidak salah beli karena sangat mencukupi bahkan lebih untuk memuat sekitar 6 GB file yang akan diback-up itu.
……
Tapi problem lain muncul, untuk rekam di CD atau DVD harus dilakukan semacam screening dan dikumpulkan di satu folder dulu sebelum kemudian direkam. Berarti harus melewati dua tahap, padahal satu tahap saja sudah makan waktu apalagi sering muncul tulisan bahwa file berikut tidak bisa direkam karena judul terlalu panjang atau karena ada bagian terkait yang tidak bisa direkam. Maka kemudian aku rekam back-up file itu ke flash-disk yang aku beli di Harcomas Mangga Dua pada tanggal 24 November 2011, merek HP dengan kapasitas 16 GB seharga 165 ribu rupiah.
……
……
Waktu aku beli flash-disk itu, cuma dibungkus sama amplop kertas warna coklat seperti yang biasa dipakai oleh bank kalau orang ambil uang di teller. Sejak sehari sebelum itu aku memang seperti terinspirasi untuk bawa kantong plastik, aku pikir siapa tahu toko yang jual flash-disk tidak menyediakan kantong plastik padahal sekarang musim hujan. Sehingga aku bawa kantong plastik dari Alfa Mart.
Warung de Cafe di halaman depan ITC Mangga Dua.
……..
Batere lama yang rusak dan diganti pada hari Sabtu 26 November 2011 di Harcomas Mangga Dua, untuk jam dan kalender pada laptopku.
…….
…….
http://www.youtube.com/watch?v=e3u6FD019_M http://www.youtube.com/watch?v=uJ637HpzUFU
Setelah ganti batere jam laptopku di Harcomas Manggadua pada Sabtu 26 November 2011, dalam perjalanan pulang aku mampir di Pasaraya Blok M untuk sholat Dhuhur, jam menunjukkan sekitar jam satu siang. Untuk menuju mesjid baru di lantai 5 Pasaraya Blok M, aku harus lewat di bagian tempat penjualan mainan anak-anak, dan saat itu terdengar suara lagu anak-anak “London Bridge Is Falling Down”. Beberapa jam kemudian pada sore hari setelah aku sampai di rumah ternyata muncul berita bahwa sore itu ada jembatan runtuh di Kutai, Kalimantan Timur dengan korban tewas sementara 4 orang dan puluhan masih hilang.
…….
lensakukar.com
…….
Jembatan Kutai Kertanegara di kota Tenggarong, Kalimantan Timur, yang melintasi sungai Mahakam, ambruk sekitar pukul 16.15 WITA, Sabtu(26/11/2011). Malapetaka ini terjadi saat jembatan ramai dilintasi. Vivanews.com – Sabtu, 26 November 2011 | 18:22 WIB
…….
Kondisi di sekitar jembatan Kutai Kartanegara pasca runtuh, Sabtu (26/11/2011). Foto: VIVAnews/ Ikram
…….
Rescuers on boats search for victims as the remains of Kutai Kertanegara bridge is seen in the background after it collapsed, in Tenggarong, East Kalimantan, Indonesia, Saturday, Nov. 26, 2011. The busy bridge collapsed Saturday in central Indonesia, killing at least three people and injuring 17 others as a bus, cars and motorcycles crashed into the river below, police and witnesses said. (AP Photo) Sat, Nov 26, 2011
…….
Rescuers hunted for survivors on Sunday after a busy bridge spanning the Mahakam river in Indonesia’s Borneo island collapsed, killing four people and injuring 19 others, according to officials. A public bus, cars and motorcycles plunged into Mahakam river in Kutai Kartanegara district after the 720 m long structure collapsed on Saturday AFP via Yahoo! News – Nov 26 10:26pm
…….
Kondisi di sekitar jembatan Kutai Kartanegara pasca runtuh, Sabtu (26/11/2011). Foto: kaskus.us
…….
Members of a rescue team search for victims at the site of the collapsed Mahakam II Bridge in Tenggarong, East Kalimantan November 26, 2011. At least four people died and more than a dozen others were reported injured when the bridge connecting Tenggarong and Tenggarong Seberang districts in Kutai Kartanegara, East Kalimantan collapsed on Saturday, according to local media. REUTERS/Ismail (INDONESIA – Tags: DISASTER TRANSPORT) Sat, Nov 26, 2011
…….
Jembatan Kutai Kartanegara yang menghubungkan Tenggarong dan Tenggarong Sebrang ambruk Sabtu (26/11) menewaskan paling tidak empat orang. bbc.co.uk – 27 November 2011 – 17:00 WIB
…….
…….


Entah tanggal berapa secara tepat laptopku mulai rada rusak itu, kalau nggak salah sekitar 15 November 2011. Aku nggak terlalu perhatikan karena aku pikir cuma problem sementara, biasa ‘kan komputer kadang suka ngadat tapi setelah dimatikan lalu dihidupkan lagi akan baik sendiri.

Problem laptopku itu mulai aku deteksi waktu aku mau sign-in ke Yahoo!Mail tapi nggak bisa, baik lewat Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Semula cuma muncul tulisan bahwa sertifikat sudah kadaluwarsa. Namun kemudian muncul pula penjelasan bahwa penyebab lain bisa karena jam pada laptop berbeda jauh dari jam di regional tempat laptop berada. Posisi laptopku tentu terdeteksi berdasarkan wireless modem untuk Internet. Waktu aku perhatikan ternyata emang jam pada laptopku menunjukkan jam 0 tengah malam lewat beberapa menit, padahal waktu itu aku buka laptop sekitar jam 9 pagi. Pada saat aku setel, sekalian aku setel juga kalender sebab ternyata menunjukkan bulan Januari 2006. Dan setelah disetel, ternyata aku sudah bisa lagi masuk sign-in ke Yahoo!Mail.

Tapi hari-hari berikutnya problem itu tetap muncul, diikuti oleh problem pada Anti-Virus yaitu setiap aku hidupkan laptop langsung Anti-Virus melakukan scanning diluar jadwal, mungkin karena jam yang tidak cocok itu. Aku cari info lebih lanjut di Internet, dan didapat penjelasan bahwa problem itu dapat disebabkan karena batere yang untuk jam dan kalender yaitu batere CMOS sudah tidak berfungsi.

Tanggal 19 November 2011, hari Sabtu, aku hubungi bagian service Acer dan diberi tahu bahwa aku harus bawa laptop itu untuk diperiksa sebab batere beda-beda tergantung tipe dan tahun laptop, dan harus pesan dulu sebab batere itu tidak selalu ada stock. Beberapa tempat lain juga aku coba hubungi dan secara umum hampir sama, laptop harus dibawa sebab harus dilihat langsung pada laptop mengenai batere itu.

Kemudian aku ingat prosedur standar di tempat service Acer waktu aku periksa kerusakan Layar Laptop pada Maret 2011 yaitu harus back-up files dulu sebelum menyerahkan laptop yang akan diservice. Maka aku periksa dan persiapkan dulu file yang ada di laptopku untuk diback-up, ternyata dari Maret 2011 sampai November 2011 berjumlah sekitar 6GB lebih, yang berupa antara lain file surat-surat untuk kamu, foto-foto dan berita-berita Obama, Bill Gates, Paris Hilton dan foto serta berita lain, juga pesan-pesan twitter.

Karena kapasitas satu CD adalah 700 MB, berarti perlu sekitar sepuluh CD. Tapi tentu lebih baik sekalian beli lebih, sebab kadang jumlah bytes pada file waktu di laptop berbeda dengan waktu sudah di CD. Juga untuk cadangan kalau perlu lagi di waktu mendatang.

Tanggal 21 November 2011, hari Senin, aku ke Cinere Mal untuk cari tahu soal CD. Dulu waktu aku back-up file pada bulan Maret 2011 aku beli di Gramedia Cinere Mal dengan harga 2500 per satu keping CD. Namun sekarang sudah tidak ada yang harga segitu, paling murah adalah 3500 rupiah baik di Gramedia maupun di toko buku Kharisma. Ada yang lebih murah cuman 3000 rupiah di toko komputer Anugerah di lantai 1, tapi kemudian aku ingat beberapa hari setelah aku back-up file pada bulan Maret 2011 itu aku sempat lihat di Carrefour Blok M Square ada yang lebih murah, tapi aku nggak ingat berapa. Maka akupun tidak jadi beli di Cinere Mal, dan langsung ke Carrefour Blok M Square.

Ternyata di Carrefour Blok M Square dijual dalam paket, ada yang sepuluh ada yang dua puluh lima, dengan harga per paket yang kalau dibagi maka harga satu keping sekitar 3200 rupiah, berarti masih lebih murah yang di toko komputer Anugerah di Cinere Mal. Tapi karena sudah terlanjur sampai Blok M jadi aku beli sekalian disitu, sama tempat plastik yang bisa memuat sekitar 75 keping CD. Aku beli satu paket kemasan berisi 25 keping seharga Rp. 79.900, sekalian beli tempat plastik yang bisa muat sekitar 75 keping itu dengan harga Rp. 9.900, dan mendapat diskon Rp. 5000 sehingga harga total adalah Rp. 84.800,-.

Sampai di rumah karena sudah sore dan masih perlu periksa lagi file di laptop yang akan diback-up, maka aku nggak sempat periksa CD yang aku beli. Keesokan hari, Selasa 22 November 2011 pagi-pagi baru aku periksa, ternyata yang aku beli itu bukan CD melainkan DVD. Kalau CD ‘kan masing-masing berkapasitas 700 MB, sedangkan DVD itu masing-masing berkapasitas 4,7 GB, berarti aku tidak salah beli karena sangat mencukupi bahkan lebih untuk memuat sekitar 6 GB file yang akan diback-up itu.

Tapi problem lain muncul, untuk rekam di CD atau DVD harus dilakukan semacam screening dan dikumpulkan di satu folder dulu sebelum kemudian direkam. Berarti harus melewati dua tahap, padahal satu tahap saja sudah makan waktu apalagi sering muncul tulisan bahwa file berikut tidak bisa direkam karena judul terlalu panjang atau karena ada bagian terkait yang tidak bisa direkam. Sampai Rabu siang 23 November 2011 baru kurang dari separuh yang berhasil discreening, padahal belum lagi direkam. Di pihak lain, aku nggak tahu akan bertahan seberapa lama laptop itu dengan batere jam yang sudah tak berfungsi seperti itu, apakah akan makin rusak atau bagaimana terutama pada software yang bergantung pada ketepatan tanggal dan jam. Aku jadi berpikir, mungkin lebih baik rekam di tempat lain misalkan di flash-disk, bukan CD atau DVD.

Dulu waktu bulan Maret 2011 aku back-up file, aku nggak berpikir soal flash-disk karena aku pikir lebih mahal, tapi kemarin ini aku pikir mungkin sudah lebih murah sebab harga barang elektronik kalau sudah makin banyak cenderung lebih murah.

Akupun pergi ke Cinere Mal lagi pada Rabu sore 23 November 2011, dan di toko komputer Anugerah betul juga aku dapat info harga flash-disk yang sudah lebih murah. Dulu flash-disk dengan kapasitas 2 GB aku beli sekitar tahun 2009 dengan harga 100 ribu. Sekarang kapasitas 8 GB di toko itu sekitar 125 ribu. Semula aku mau langsung beli untuk menghemat waktu, tapi waktu ke ATM aku pikir lebih baik ke Mangga Dua dulu, sekalian tanya soal batere untuk jam laptop itu.

Kamis 24 November 2011 semula aku berencana berangkat pagi ke Mangga Dua, sekitar jam setengah delapan, tapi waktu lihat di TV sedang ada persiapan akad nikah Ibas putra bungsu presiden SBY di istana Cipanas, aku tunda dulu dan nonton acara akad nikah itu lewat Trans-TV. Ternyata yang bawa acara dari halaman Cipanas adalah Irgi Fahrezi dan Maudy Koesnaedy. Hatiku jadi nggak enak, sebab mengingatkan pada tahun 1995 waktu aku lukis Maudy dengan seekor kodok sesuai dongeng pangeran Kodok, lalu muncul respon Lady Di, dan tahun 1997 Lady Di wafat dalam kecelakaan mobil bersama Doddy Al Fayed.

Kalau saja aku berangkat sesuai rencana sebelum jam delapan pagi maka aku tidak akan melihat Maudy Koesnaedy. Tapi sudah terlanjur, aku teruskan melihat acara akad nikah itu dan baru berangkat setelah Lohor. Dan ternyata sampai di Mangga Dua acaraku juga jadi berubah semua, waktu yang dibutuhkan untuk cari flash-disk dan cari info soal batere untuk jam laptop yang semula aku perkirakan cuma sekitar satu jam, jadi molor lebih dari satu setengah jam.

Setelah sholat Ashar di dekat pintu Exit di lantai empat Mangga Dua Harcomas bersama beberapa orang, aku berangkat pulang naik Mikrolet lalu busway ke Blok M. Entah karena ingkar janji pagi itu, yang semula mau berangkat pagi tapi diubah jadi siang, dan janji itu secara tidak langsung janji kepada Allah juga, maka sore itu aku jadi rada kacau pikiran. Aku pikir sebelum Maghrib sudah sampai rumah, namun ternyata saat adzan Maghrib aku masih di Metromini di jalan Fatmawati yang lagi macet karena jam pulang kantor. Sebetulnya beberapa menit sebelum adzan aku ada dekat kantor kamu, dan kebetulan ada perempuan yang baru naik Metromini lalu minta jendela dekatku ditutup dan sempat menggumam seperti kasih kode “lagi ada…..”.  Tapi aku tetap tidak beranjak dari dudukku, sebab masih khawatir kalau kamu tidak welcome, lalu terjadi bencana besar lagi seperti sudah terjadi beberapa kali sebelum itu.

Sesampai aku di rumah, sudah lewat Isya sehingga harus mengqadha Maghrib dengan Isya. Kata “qadha” itu jadi seperti terkait soal pagi itu waktu Maudy muncul di istana Cipanas yang menyebabkan aku jadi ingat lukisan Maudy dan kodok sesuai dongeng pangeran Kodok itu dan kemudian direspon oleh Lady Di pada 1995 lalu pada 1997 Lady Di wafat.

Ada lagi kejadian aneh hari Kamis 24 November 2011 itu. Sejak sehari sebelum itu aku seperti terinspirasi untuk bawa kantong plastik, siapa tahu toko yang jual flash-disk tidak menyediakan kantong plastik padahal sekarang musim hujan. Ternyata betul juga, waktu aku beli flash-disk itu cuma dibungkus sama amplop kertas warna coklat seperti yang biasa dipakai oleh bank kalau orang ambil uang di teller.

Jumat 25 November 2011 seharian aku rekam back-up file ke flash-disk yang aku beli di Mangga Dua sehari sebelum itu pada 24 November 2011, merek HP dengan kapasitas 16 GB seharga 165 ribu rupiah.

Sabtu 26 November 2011 pagi aku berangkat ke Mangga Dua lagi untuk ganti jam batere, di tempat yang sama aku ganti layar laptop pada Maret 2011. Seperti biasa aku naik sepeda sampai Polsek Cinere dekat mesjid, lalu naik angkot ke Pondok Labu dan naik Metromini ke Blok M. Waktu turun dari Metromini dekat Pasaraya Blok M aku sempat berhenti beberapa menit melihat jalan layang yang seperti jembatan putus, karena belum tersambung sebab memang sedang dalam tahap pengerjaan.

Sampai di Mangga Dua aku sempat makan bakso dulu di de Cafe yang terletak pada halaman depan Gedung ITC, lalu masuk ke ITC dan menyeberang lewat jembatan-toko menuju ke tempat toko-toko elektronik di Harcomas.

Butuh waktu sekitar satu jam untuk ganti batere, dan sekitar jam duabelas aku sudah meninggalkan Harcomas, naik Mikrolet ke depan stasiun Kota lalu naik busway ke Blok M.

Sampai di Blok M sekitar jam satu lewat sedikit, aku mampir ke Pasaraya Blok M sebab ada mesjid baru disitu di lantai 5, aku mau numpang sholat Lohor. Aku baru tahu ada mesjid baru disitu pada 15 November 2011 yang lalu waktu janjian sama kakakku untuk bikin e-KTP di kelurahan tempat kakakku yang laki. Dulu tempat aku sholat di Blok M kalau bukan di Blok M Plaza adalah di Pasaraya yang berupa musholla dekat kantin dan bagian manajemen. Atau setelah Blok M Square jadi, kadang juga disitu. Tapi sekarang musholla yang di Pasaraya itu sudah diganti dengan mesjid baru besar, pake AC, di lantai 5.

Waktu hari Sabtu 26 November 2011 yang lalu itu saat akan ke mesjid Pasaraya di lantai 5 untuk sholat Lohor, aku lewat di bagian tempat mainan anak-anak, dan sedang ada lagu “London Bridge Is Falling Down”.

…….
“London Bridge is falling down, falling down, falling down,
London Bridge is falling down, my fair lady …………..”
…….

Itu merupakan Nursery Rhyme yang dikenal sebagai lagu anak-anak dan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, aku tahu lagu itu dari acara TV seperti Sesame Street atau yang lain. Lagu itu ada juga di Internet pada Youtube dengan alamat berikut ini: http://www.youtube.com/watch?v=e3u6FD019_M

Selain terkenal sebagai lagu anak-anak, “London Bridge Is Falling Down” juga biasa digunakan pada permainan anak-anak semacam permainan Ular Naga di Indonesia yang antara lain memuat bait “ular naga panjangnya bukan kepalang, berjalan-jalan selalu kian kemari, rupa yang elok itulah yang dicari, ini dianya yang terbelakang…….”.

Permainan anak-anak dengan lagu “London Bridge Is Falling Down” dapat dilihat di http://www.youtube.com/watch?v=uJ637HpzUFU

Dan sore hari Sabtu 26 November 2011 itu sewaktu aku sudah sampai di rumah ternyata di TV muncul berita soal jembatan runtuh di Kalimantan Timur, jembatan Kutai Kertanegara. Korban tewas saat itu empat orang, dan puluhan masih belum ditemukan. Sampai dengan 29 November 2011 Selasa malam, korban tewas yang sudah diidentifikasi mencapai 18 orang.

Seperti isyarat juga untuk aku, sebab aku ganti batere jam laptop pada hari itu tanggal 26, dimana tanggal 26 itu dapat berarti “tanggal to end A.M.”. Isyarat kalau aku menanggalkan kesediaanku untuk end, untuk ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia, aku cuma akan menimbulkan bencana di dunia ini. Sedangkan nama Kutai Kartanegara seperti isyarat agar aku tidak menggunakan harta negara sebab dapat menimbulkan bencana.


Jakarta, 1 Desember 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: