Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb


HAL: Posisi Kita In The Line Of Fire Setelah Osama Bin Laden Tewas


LIFE.com
Menara kembar WTC sebelum terkena serangan teroris 11 September 2001, terlihat di sebelah kiri.
“Adam Eve Reunion”
147 x 166 cm
cat minyak pada kanvas
mulai dikerjakan sekitar Juni 2001
dailymail.co.uk
LIFE.com
LIFE.com
LIFE.com
LIFE.com
Tokoh yang berada dibalik peristiwa WTC 9/11 itu adalah Osama Bin Laden dan Ayman Al Zawahiri. Dan sekarang setelah Osama Bin Laden tewas, konon yang akan menggantikan adalah Ayman Al Zawahiri. Nama dari Ayman Al Zawahiri itu seperti terkait lukisan itu juga. Nama depan Ayman seperti memuat kata “eye” dalam bahasa Inggris yang berarti “mata”. Dan memang pada lukisan itu aku buat logo mata beserta air mata pada pakaian di bagian dada kamu, untuk menggambarkan kamu yang seperti menangis setelah aku tulis surat pertama kali di tahun 2001. Sedangkan “man” seperti dari namaku Firman. Selain itu, nama belakang Zawahiri seperti memuat kata “sawah” dalam bahasa Indonesia. Dan emang pada saat itu aku membuat lukisan itu di kamar atas belakang yang memiliki jendela menghadap sawah di belakang rumah tempat tinggalku.
dailymail.co.uk


Rahma, mulai sekarang kamu harus latih anak kamu untuk terbiasa tanpa kamu. Sebab setelah Osama Bin Laden tewas 1 Mei 2011 yang lalu, sangat mungkin kita berdua berada dalam posisi terjebak di tengah, in the line of fire, diantara pertikaian antara teroris dan pihak Barat.

Mungkin kamu masih ingat sekitar bulan Juni tahun 2001 aku pernah bikin lukisan besar berjudul “Adam Eve Reunion” yang memuat wajah kamu. Pada lukisan itu kanvas dibagi tiga bagian, paling atas menggambarkan bayangan nabi Adam dan Hawa di surga. Bagian tengah kamu pakai jilbab hitam dengan latar belakang Jabal Rahmah dan ada batu-batuan bukit membentuk wajah manusia yang seperti mewakili aku. Di bagian bawah ada tangan kamu bersalaman dengan tangan aku di air.

Beberapa bulan kemudian pada 11 September 2001 terjadi peristiwa WTC 9/11, dan reruntuhan gedung WTC itu sepintas mirip bebatuan di lukisan itu. Posisi gedung WTC itu berada di dekat air dari sungai Hudson seperti terlihat di foto di atas, sehingga mirip lukisanku yang di bagian bawah ada air. Sedangkan asap hitam tebal dari gedung WTC saat terbakar sesudah ditabrak pesawat, mirip jilbab hitam kamu di lukisan itu.

Kemudian diketahui tokoh yang ada dibalik peristiwa WTC 9/11 itu adalah Osama Bin Laden dan Ayman Al Zawahiri. Dan sekarang setelah Osama Bin Laden tewas, konon yang akan menggantikan adalah Ayman Al Zawahiri.

Nama dari Ayman Al Zawahiri itu seperti terkait lukisan itu juga. Nama depan Ayman seperti memuat kata “eye” dalam bahasa Inggris yang berarti “mata”. Dan memang pada lukisan itu aku buat logo mata dan air mata pada pakaian di bagian dada kamu, untuk menggambarkan kamu yang seperti menangis setelah aku tulis surat pertama kali di tahun 2001. Sedangkan “man” seperti dari namaku Firman.

Selain itu, nama belakang Zawahiri seperti memuat kata “sawah” dalam bahasa Indonesia. Dan emang waktu itu aku membuat lukisan itu di kamar atas belakang yang memiliki jendela menghadap sawah di belakang rumah tempat tinggalku.

Setelah beberapa tahun aku nggak pernah melukis di kamar atas belakang itu, sekitar satu bulan lalu kamar atas belakang itu diperbaiki sesudah ada kejadian kecurian TV besar baru dari kamar di rumah tempat tinggalku. Dan kalau sudah selesai diperbaiki mungkin aku akan melukis di kamar atas belakang itu lagi.

Meskipun aku lebih suka memilih skema Rahm Emanuel yaitu setelah kita menikah maka kamu akan mengalami seperti familiku tante Ema yang tetap hidup setelah sang suami Oom Zainul meninggal beberapa tahun lalu, tapi tampaknya kita harus siap menghadapi skema lain juga.

Mungkin ini skenario dari langit untuk memberikan “transportasi” kita berdua pergi dari dunia fana ini untuk kebaikan umat manusia.


Jakarta, 4 Mei 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: