Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Soal Sumber Foto


Step A: tuliskan http://news.yahoo.com dan klik, maka akan muncul halaman depan dari Yahoo News seperti berikut ini.
Step B: masih pada gambar diatas, isi pada kotak kosong disamping “News Search” misalkan dengan “Obama”, lalu klik. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini.
Step C: klik pada tulisan “News Images” yang ada di bawah deretan foto pada gambar diatas, dalam hal ini tulisan “2,741 News Images” yang berarti ada 2.741 foto Obama pada saat itu saja. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini yang berisi foto-foto kecil serta cuplikan caption.
Step D: klik foto yang ingin dilihat, maka akan muncul halaman seperti  dibawah ini berisi foto terkait yang lebih besar serta caption yang lebih lengkap dan nama kantor berita serta fotografer. Di dekat foto ada pula tanggal dan jam. Kadang pada caption ada pula tulisan “Read More” yang kalau di-klik akan memunculkan caption yang lebih lengkap lagi.
Kalau masih Step juga, bawa ke dokter aja.
…..
Perlu diingat pula pesan dari Yahoo Help tentang jangka waktu Yahoo menyimpan foto-foto itu, seperti pada keterangan berikut ini.
…….
…….
lukisan “Rahma Michelle Pray” dan foto-foto sumber.
President Barack Obama and first lady Michelle Obama welcome India’s Prime Minister Manmohan Singh and his wife Gursharan Kaur to the State Dinner at the North Portico of the White House in Washington, Tuesday, Nov. 24, 2009. (AP Photo/Charles Dharapak) Tue Nov 24, 7:37 PM ET U.S. first lady Michelle Obama speaks to young women from the White House Leadership and Mentoring Program during a preview of the State Dinner to be held in honor of Indian Prime Minister Manmohan Singh in Washington November 24, 2009. REUTERS/Jim Young (UNITED STATES POLITICS EDUCATION) Tue Nov 24, 3:18 PM ET
This November 2009 photo supplied by the Chicago Botanic Garden shows a model of first lady Michelle Obama’s childhood home. (AP Photo/Chicago Botanic Garden) Tue Nov 24, 2:44 PM ET


Mungkin perlu aku kasih penjelasan juga mengenai sumber foto yang sering aku gunakan di surat-surat ini maupun untuk lukisan-lukisanku.

Ada dua macam sumber foto, yaitu berupa foto berita terbaru yang dapat dikatakan masih hangat, biasa aku dapatkan dari Yahoo News, dan foto yang tidak terkait berita terbaru dan bisa didapatkan dimana saja di Internet.

Kalau foto yang tidak terkait berita terbaru tentu aku tidak perlu kasih tahu bagaimana, semua rata-rata sudah tahu cara mencari yaitu di Yahoo atau Google tinggal klik aja di tulisan “Images” dan pada kotak kosong “Search” tinggal diisi dengan apa yang dicari, baik berupa nama orang atau nama benda atau lain-lain.

Sedangkan untuk foto terkait berita terbaru, aku lebih banyak mengandalkan pada Yahoo karena disitu dipisahkan antara sumber pada “Yahoo News” saja dan sumber yang campuran. Kenapa dipisah, karena kalau yang masuk di Yahoo News itu cuman dari sumber tertentu seperti kantor berita AP, Reuters, AFP, sehingga lebih dapat diandalkan. Kalau yang sumber campuran ‘kan kita nggak tau media itu gosip doang atau bukan. Kecuali untuk yang sudah ternama juga seperti Daily Mail, Daily Telegraph, USA Today, dan lain-lain.

Untuk yang dari kantor berita AP, Reuters, AFP itu dapat dicari dengan menuliskan http://news.yahoo.com, kemudian akan sampai di halaman depan Yahoo News. Lalu pada kotak “News Search” tinggal diisi nama yang dicari, misalkan “Obama”, dan setelah di-klik akan sampai di halaman Yahoo News yang khusus berita soal Obama. Pada bagian atas ada deretan foto dan tulisan “News Images”, klik saja di tulisan itu, bukan klik di bagian foto lho. Sebab kalau klik di bagian foto akan cuma muncul satu foto itu saja. Sedangkan kalau di-klik pada tulisan “News Images” akan muncul beberapa foto kecil yang terkait Obama, dan kalau mau foto lebih besar beserta caption tinggal di-klik pada foto yang ingin dilihat itu.

Perlu diketahui bahwa Yahoo News tidak menyimpan dalam waktu lama foto-foto pada News Images itu, cuman disimpan sekitar dua minggu lalu diganti dengan yang lebih baru atau kalau nggak kunjung ada yang lebih baru akan dikosongkan. Kenapa demikian, lha aku nggak tau ‘kan aku bukan yang punya Yahoo.

Lalu bagaimana mengetahui keabsahan foto yang aku pakai di lukisanku, tentu dapat dengan menghubungi kantor berita terkait. Misalkan untuk foto-foto pada lukisan “Rahma Michele Pray”, aku sudah sertakan caption lengkap dengan sumber foto, yaitu AP dan Reuters.

Dan foto-foto itu nggak selalu bisa dicari lagi di Internet, sebab setiap hari ‘kan selalu ada ribuan foto di seluruh dunia, dan nggak ada orang yang kerajinan amat menyimpan semua foto di dunia ini. Paling yang bisa dilakukan adalah menghubungi kantor berita terkait, misalkan AP atau Reuters atau AFP, atau yang lain, itupun mereka ‘kan ada jutaan foto jadi nggak selalu bisa dibantu cariin. Mungkin si fotografer juga udah lupa, apalagi fotografer ‘kan umumnya orang idealis yang nggak mau pusing sama foto-foto yang pernah dia buat yang penting dia udah motret sesuai idealisme dia. Oleh sebab itu pula, aku berketetapan untuk menyumbang untuk amal 50% dari hasil penjualan lukisanku agar kalau si fotografer nggak mau dikasih bagian maka yang penting aku nggak merasa “makan sendiri” aja. Makan sendiri aja lu Man, mentang-mentang bujangan…….


Jakarta, 11 Januari 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: