Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Bantahan Terhadap Khasiat Gelang


pada halaman depan tidak ada negara Australia.
……
……
……
event surfing di Padang-padang, Bali pada Agustus 2010.
……
nama pembalap sepeda Willow Koerber seperti berarti “will owe aku ber Rahma”, seperti terkait aku yang suka naik sepeda dan kesediaanku ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia dapat menyebabkan orang merasa “owe”, berhutang budi kepada aku. Tapi tentu bukan maksudku bikin orang berhutang budi.
……
……
……
……
…..
Power Balance bracelets are ‘no better than a rubber band’: A-list accessory maker forced to give refunds by advertising watchdog
…..
By Tamara Abraham – Daily Mail co.uk
Last updated at 2:20 PM on 4th January 2011
…..
They were last year’s hottest celebrity accessory.
Power Balance wristbands, which promised to improve the wearer’s balance, strength and flexibility, were the adornment no A-lister would be seen without, and were spotted on everyone from David Beckham to Kate Middleton. Now the company behind the £29.99 bracelet has admitted that there is no scientific evidence behind the claims, and that they are no more beneficial than an ordinary rubber band.
Power Balance was forced to make the admission by the Australian Competition and Consumer Commission (ACCC). It is now offering refunds to customers in Australia who believe they were misled, and will be changing its website, packaging and advertising to reflect the new, more accurate, message. It must also remove the words ‘performance technology’ from the band itself.
…..
……
……
Kate Middleton David Beckham Ruben Barrichello
……
……
Robert De Niro P – Diddy


Belakangan ini ramai diberitakan soal gelang Power Balance yang selama ini dikatakan memiliki khasiat untuk memberi kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas bagi yang memakai, namun kemudian khasiat itu dibantah. Beberapa selebriti ternama diketahui telah memakai gelang Power Balance, sebagian dijadikan untuk bahan promosi juga oleh produser Power Balance, seperti Cristiano Ronaldo, Shaquille O’Neal, David Beckham, Robert De Niro, dan Kate Middleton calon istri Prince William.

Semua klaim soal khasiat itu jadi buyar setelah pada 22 Desember 2010 pihak berwenang di Australia menegaskan bahwa Power Balance tidak dapat mengklaim produk mereka memiliki kekuatan seperti yang diiklankan. Pihak perusahaan Power Balance kemudian mengakui “….We admit that there is no credible scientific evidence that supports our claims….”, dan bahkan bersedia melakukan “refund”, mengembalikan uang kepada para pembeli yang ingin mengembalikan produk tersebut.

Tapi tadi pagi waktu aku coba lihat di Internet, website Power Balance dengan kantor pusat di Orange County California ternyata masih ada dan tidak ada berita atau pengumuman mengenai kejadian di Australia itu. Dan pada daftar negara di halaman depan, dimana mereka memberi halaman website berdasarkan negara dari pengunjung yang mengakses website mereka, memang tidak ada negara Australia. Aku nggak tau juga ada apa itu koq bisa seperti itu, mungkin perubahan website diutamakan untuk Australia lebih dulu.

Aku jadi ingat kamu juga pakai gelang semacam itu yang semula aku kira merupakan jam tangan warna merah seperti aku sebutkan pada surat “Jam Cowo Dan Jam Cewe Pada Tangan Kamu“. Sekitar satu tahun kemudian aku baru sadar setelah lihat iklan gelang Power Balance di Facebook pada 12 Agustus 2010, bahwa yang kamu pakai itu adalah gelang Power Balance seperti yang kemudian aku ungkapkan di surat “Wasior: “Awas Satu Kosong, Rahma” “. Namun aku emang tidak memberi rekomendasi soal gelang Power Balance itu, sebab aku pikir soal yang semacam itu diluar jangkauan pikiranku. Seperti juga ketika dulu orang pakai gelang akar bahar yang konon memiliki khasiat, aku cenderung tidak terlalu memberi komentar sebab yang semacam itu lebih kepada kepercayaan si pemakai saja. Kalau si pemakai yakin maka akan betulan berkhasiat, kalau tidak ya cuman menjadi gelang asesoris aja.

Dan pada lukisan-lukisan itu aku biarkan kamu tetap memakai jam tangan merah, tidak aku ganti menjadi gelang Power Balance. Bukan apa-apa, sebab dari sudut seni akan lebih menarik kalau di lukisan itu kamu merupakan “perempuan berjam tangan dua”, “a woman with two watches”, ‘kan cukup jarang ada perempuan yang tampil seringkali di muka umum dengan dua jam tangan, satu di tangan kanan dan satu di tangan kiri.

Pada artikel yang dimuat Dailymail.co.uk, tertera nama depan penulis adalah Tamara dan lembaga yang mengungkap ketidakakuratan klaim gelang Power Balance adalah Australian Competition and Consumer Commission (ACCC). Sehingga mengingatkan aku pada Tamara Blezinski yang setelah Tsunami di Aceh kemudian duduk di sampingku saat acara amal di RCTI.

Ini seperti mempertanyakan apakah kalau aku menjual lukisan akan dengan klaim memiliki khasiat tertentu sebab setelah kamu menikah sama orang lain kemudian terjadi bencana Tsunami sehingga seolah aku seorang yang memiliki kekuatan tertentu. Maka aku perlu jelaskan bahwa sejak semula aku tidak merasa memiliki kekuatan tertentu. Pada surat-suratku ke Bill Gates, sejak di bagian awal aku sebutkan bahwa aku seperti menjadi umpan yang menimbulkan bencana, “bait that triggers disasters”, jadi bukan aku yang memiliki kekuatan tertentu.

Kalau mungkin mau dibandingkan dengan orang yang jual ikan Arwana, ikan Koi, burung Perkutut, cincin Akik, dan lain-lain yang bisa berharga ratusan juta atau milyaran karena dianggap memiliki khasiat tertentu, maka itu disebabkan mereka memiliki data yang kuat untuk mengklaim seperti itu. Sedangkan aku, nggak pernah merasa memiliki data yang akurat soal khasiat, kalaupun ada khasiat itu pada lukisanku. Jadi aku lebih baik menjual berdasarkan nilai historis yang menyertai lukisan itu.


Jakarta, 5 Januari 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: