Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb


HAL:  Mengukur Timbangan Kebaikan


cintadesain.blogspot.com


Kalau kita perhatikan pada Surah 7 Al-A’raf ayat 8 dan 9, disebutkan mengenai  “…..timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami.”

Menurut para Ustadz dan Ustadzah, ayat-ayat dari Allah bukan cuma berupa ayat dalam Al Quran, tapi juga ayat dalam bentuk berbagai isyarat di dunia ini. Tadi pagi aku baru perhatikan di kalender, bulan Juni 2011 ini ada dua hari libur yaitu pada 2 Juni 2011 kenaikan Isa Almasih dan 29 Juni 2011 Isra’ Mi’raj yang merupakan kenaikan Rasulullah s.a.w. menghadap Allah SWT. Membuat aku  teringat kepada bulan September 2009, dimana terjadi dua gempa besar. Pada tanggal 2 September 2009 ketika sehari sebelum itu aku berpikir “ya sudahlah ya Allah kalau emang Rahma nggak mau sama hamba, itu wajar saja sebab hamba emang cuman seperti ini…….” dan kemudian terjadi gempa besar di Tasikmalaya yang menghancurkan ribuan rumah dan seratus orang lebih tewas, serta getaran gempa dirasakan juga di Jakarta sehingga orang-orang berlarian keluar dari gedung-gedung bertingkat. Kemudian pada 30 September 2009 ketika aku berpikir serupa itu lagi, terjadi gempa besar di Padang dengan ribuan orang tewas ribuan gedung serta rumah rusak.

Cuma beda kalau pada September 2009 dua kejadian itu muncul pada tanggal 2 dan tanggal 30, maka pada Juni 2011 ini dua hari peringatan penting yang berkaitan dengan soal kenaikan dua tokoh terkemuka itu terjadi pada tanggal 2 dan tanggal 29.

Apakah ini isyarat lain, soal tanggal 29 berarti sesudah tanggal 28 dan sebelum tanggal 30.

Ada pesan apakah untuk kita dari beberapa kejadian ini. Seperti aku pernah sebut di surat sebelum ini, pada hadist Qudsi Allah menyebutkan “….Aku ini bagaimana prasangka hambaKu saja, kalau berprasangka baik kepadaKu maka kebaikanlah yang didapatkan, kalau berprasangka buruk kepadaKu maka keburukanlah yang di dapat….”

Maka lebih baik kita berprasangka baik kepada Allah SWT yaitu mungkin ini antara lain terkait timbangan kebaikan di akherat kelak. Dalam kita menjalani kehidupan di dunia fana ini, kita tidak tahu sudah seberapa baikkah timbangan kebaikan kita.

Ada hadist Rasulullah s.a.w. yang mengisahkan mengenai ada perempuan tua yang rajin sholat, puasa, zakat, dan berbagai ibadah lain. Maka untuk kita orang biasa tentu berpikir, berarti orang itu akan masuk surga. Tapi kelanjutan hadist Rasulullah s.a.w. itu adalah, meskipun rajin beribadah seperti itu ternyata perempuan tua itu masuk neraka. Sebab disamping ibadah yang rajin itu, dia juga senang menyakiti hati orang.

Dalam hal kamu, kalau pada saat baru kenal sama aku kamu bersikap penuh kecurigaan maka itu wajar, dan timbangan kebaikan kamu justru baik dengan sikap waspada seperti itu. Namun setelah kemudian aku memberi berbagai penjelasan mengenai soal aku serius bermaksud menikah, dan sudah muncul pula berbagai isyarat dari langit, akan tetapi kamu tetap berprasangka buruk terhadap aku maka bukan mustahil timbangan kebaikan kamu akan berubah menjadi minus. Apalagi kalau kemudian kamu mengajak orang-orang lain bersikap negatif terhadap aku, sehingga kemanapun aku pergi seperti ada saja orang yang jadi curiga yang bukan-bukan kepada aku, maka sama saja kamu membuat timbangan kebaikan orang-orang itu ikut menjadi kurang baik.

Oleh sebab itu selagi masih ada waktu di dunia fana ini, lebih baik kita perbaiki timbangan kebaikan kita dan siapapun yang terkait dengan kita. Aku juga kalau nggak ada berbagai kejadian besar yang seperti terkait dengan kita, aku nggak akan berlama-lama mengejar kamu bertahun-tahun seperti ini sebab aku ‘kan lebih suka yang simpel-simpel aja dalam hidup di dunia fana yang cuma sementara ini.


Jakarta, 29 Juni 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: