Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Nggak Sengaja Nonton Asian Cup AFC Jepang vs. Qatar Di Score Cafe Citos


……
Di sebelah kiri tampak layar di belakang panggung yang kemudian menampilkan pertandingan Asian Cup piala AFC antara Jepang dan Qatar. Sebelah kanan belakang, yang ada lampu kotak dengan garis segitiga dibagian atas lampu, adalah tempat biliar. Sedangkan yang ada botol-botol adalah bar. SMP Trisula 74 / Boyke / 21 Januari 2011.
Kiri agak ke tengah pada foto atas, di meja dekat panggung ada cewe yang sepintas seperti kamu, bergaun hitam dengan pundak dan punggung atas terbuka dan cuma ada tali pundak kecil. Waktu band sudah mulai main, lampu-lampu sorot di panggung dihidupkan sehingga lebih terang dan tampak rambut serta badan dia mirip betul sama kamu, tapi karena posisi dia berdiri dekat meja membelakangi aku jadi aku nggak lihat muka dia. SMP Trisula 74 / Boyke / 21 Januari 2011.
Foto dari sudut berlawanan, tampak ada pintu masuk di bagian kiri-tengah foto. Di kanan foto di kejauhan tampak ada orang gendut berbaju putih, kepala gundul berjanggut dan wajah seperti Arab. Beberapa saat kemudian muncul Abi Yapto ke meja dia dan ngobrol sama orang berwajah Arab itu serta beberapa orang lain. SMP Trisula 74 / Boyke / 21 Januari 2011.
Aku disamping Mario Alisyahbana. Karena cukup dingin, aku yang semula cuma pake kaos hitam kemudian memakai jaket yang emang aku bawa dari rumah. SMP Trisula 74 / Boyke / 21 Januari 2011.
…….
Contrails from the space shuttle Discovery are seen just after launch at the Kennedy Space Center in Florida in 2010. Like two strangers in the night, a US spacecraft and a speeding comet will dash by one another on Valentine’s Day, NASA said Wednesday, and skywatchers are eager to see what happens. (AFP/File/Stan Honda) Wed Jan 19, 3:44 PM ET

Foto mengenai NASA yang aku akses pada 21 Januari 2011 siang, ternyata dicampur dengan foto-foto Keisuke Honda pemain bola dari tim Jepang. Sehingga aku jadi tau bahwa hari-hari ini sedang ada putaran final Asian Cup AFC yang antara lain diikuti oleh Jepang.

……
Japan’s Keisuke Honda smiles during a training session for the Asian Cup soccer tournament at Al Gharafa stadium in Doha January 20, 2011. REUTERS/Toru Hanai (QATAR – Tags: SPORT SOCCER)Thu Jan 20, 8:54 AM ET Japan’s player Keisuke Honda warms up with his teammates during a training session at Al Gharafa stadium in Doha, Qatar, Thursday, Jan. 20, 2011. Japan will face Qatar in their AFC Asian Cup quarterfinal soccer match on Friday. (AP Photo/ Hassan Ammar) Thu Jan 20, 9:08 AM ET
Workers walk past newly assembled cars at PT Honda Propect Motor HPM in Karawang, West Java province January 19, 2011. Indonesian Automotive Association (Gaikindo) forecasts car sales in 2011 to rise just 4 percent following government plans to cut the use of subsidised fuel for private cars this year. REUTERS/Dadang Tri (INDONESIA – Tags: TRANSPORT) Wed Jan 19, 9:13 AM ET
……
Japan’s Shinji Kagawa celebrates with teammates Shinji Okazaki (2nd L), Ryoichi Maeda (2nd R) and Keisuke Honda (R) after scoring against Qatar during their 2011 Asian Cup quarter-final soccer match at Al Gharafa stadium in Doha January 21, 2011. REUTERS/Toru Hanai (QATAR – Tags: SPORT SOCCER) Fri Jan 21, 9:22 AM ET
……
Japan soccer players celebrate after winning against Qatar during their AFC Asian Cup quarterfinal soccer match in Doha, Qatar, Friday, Jan. 21, 2011. Japan won 3-2. (AP Photo/Hassan Ammar) Fri Jan 21, 10:32 AM ET
…….
Qatar’s team coach Bruno Metsu of France listens to the national anthem during their AFC Asian Cup quarter final soccer match against Japan at Al-Gharafa Stadium, in Doha, Qatar, Friday Jan. 21, 2011. (AP Photo/Kin Cheung) Fri Jan 21, 11:28 AM ET Japan’s coach Alberto Zaccheroni of Italy looks on before their AFC Asian Cup quarterfinal soccer match against Qatar in Doha, Qatar, Friday, Jan. 21, 2011. Japan won 3-2. (AP Photo/Hassan Ammar) Fri Jan 21, 11:10 AM ET
…..
Qatar’s Sebastian Suria (R) celebrates his goal near Japan’s Yasuyuki Konno during their 2011 Asian Cup quarter-final soccer match at Al Gharafa stadium in Doha January 21, 2011. REUTERS/ Fadi Al-Assaad (QATAR – Tags: SPORT SOCCER) Fri Jan 21, 8:56 AM ET Qatar’s Fabio Cesar (L) celebrates with teammate Sebastian Suria during their 2011 Asian Cup quarter-final soccer match against Japan at Al Gharafa stadium in Doha January 21, 2011. REUTERS/ Mohammed Dabbous (QATAR – Tags: SPORT SOCCER) Fri Jan 21, 10:19 AM ET
…..
Japan’s Maya Yoshida reacts after receiving a red card during their 2011 Asian Cup quarter-final soccer match against Qatar at Al Gharafa stadium in Doha January 21, 2011. REUTERS/ Oleg Popov (QATAR – Tags: SPORT SOCCER) Fri Jan 21, 10:02 AM ET Referee Subkhiddin Mohd Salleh (R) of Malaysia shows the red card to Japan’s Maya Yoshida (on ground) for a challenge on Qatar’s Yusef Ahmed during their 2011 Asian Cup quarter-final soccer match at Al Gharafa stadium in Doha January 21, 2011. REUTERS/Oleg Popov (QATAR – Tags: SPORT SOCCER) Fri Jan 21, 10:01 AM ET
…..


Jum’at tanggal 21 Januari 2011 teman-teman SMP-ku ngajak ketemuan di Citos, jam enam sore di Score. Semula aku nggak tau Scor itu apa, yang aku tau cuma kalau ketemuan seperti itu adalah di restoran, dan di Citos ‘kan emang sebagian besar merupakan restoran atau cafe.

Berangkat sore sekitar jam lima, terus mampir dulu ke mesjid Al Hidayah jalan Fatmawati di tikungan dekat rumah Basuki Abdullah, di seberang pompa bensin Shell, untuk sholat Maghrib sebab kalau sholat Maghrib di Citos khawatir penuh.

Sampai disana aku baru tau bahwa Scor itu ada di lantai dua dekat eskalator, dan cukup luas dibanding resto lain di Citos sebab bukan cuma resto melainkan lengkap dengan bar dan tempat biliar di belakang, serta panggung yang dilengkapi dengan alat band.

Di belakang panggung ada layar yang berisi siaran olahraga. Setelah ngobrol-ngobrol dan aku ditraktir makan sop buntut oleh temanku Mario Alisyahbana yang duduk disampingku, kemudian aku baru tau hari itu ada siaran langsung sepakbola Asian Cup, piala dari AFC. Aku emang nggak terlalu memantau soal piala dari AFC itu sebab di Indonesia berita mengenai soal itu tidak terlalu dimunculkan oleh media, mungkin karena kesebelasan Indonesia nggak ikutan.

Aku cuma tau sepintas lalu, itupun secara nggak sengaja, bahwa sedang ada putaran final Asian Cup yang diikuti pula oleh Jepang ketika pada siang hari tanggal 21 Januari 2011 saat mengakses foto mengenai NASA di slide-show Yahoo, ternyata foto NASA itu entah kenapa dicampur sama beberapa foto pemain bola Jepang Keisuke Honda. Dan ada pula foto mobil Honda CRV seperti mobil kamu di halaman pabrik PT Honda Prospect Motor di  Krawang. Mungkin karena fotografer dari foto mengenai NASA itu bernama Stan Honda dari AFP. Tentu kamu juga masih ingat Keisuke Honda yang pada piala dunia 2010 lalu berjasa menghasilkan beberapa gol untuk tim Jepang. Dan foto-foto Keisuke Honda itu langsung aku simpan juga, sebab nama dia ‘kan seperti terkait lukisanku yang memuat kamu dan mobil Honda CRV kamu sebagaimana aku tulis di “Dua Gol Keisuke Honda“. Tapi aku nggak perhatikan jadwal pertandingan Asian Cup AFC itu sebab setahu aku nggak disiarkan secara langsung oleh TV Indonesia, dan aku ‘kan nggak langganan ESPN.

Maka malam itu setelah makan, aku jadi sambil sesekali nonton juga siaran langsung Asian Cup piala AFC itu yang muncul di layar besar di panggung Scor cafe dan terlihat pula di layar ada logo ESPN serta tulisan live. Tapi aku nggak lihat seluruh pertandingan, aku cuma lihat satu gol dari Qatar entah gol keberapa, dan ada juga momen ketika pemain Jepang bernomer 22  Maya Yoshida mendapat kartu merah sehingga harus keluar lapangan. Beberapa menit kemudian aku ketahui skor sudah 2-1 untuk Qatar, sehingga aku pikir Jepang kalah akibat bermain cuma sepuluh orang saja. Padahal aku rada memihak ke Jepang sebab ada Keisuke Honda yang terkait lukisan yang memuat kamu itu. Lagipula kalaupun Qatar ingin menang juga karena sudah terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia 2022, tapi ‘kan masih ada beberapa kali Asian Cup lagi yang diadakan setiap empat tahun sekali, sebelum tahun 2022 itu datang.

Baru pada keesokan hari aku tau bahwa Jepang menang dengan skor 3-2 dan gol kemenangan terjadi pada menit-menit terakhir. Aku baru tau keesokan hari sebab malam itu aku ‘kan sambil ngobrol juga sama rekan-rekanku meskipun lebih banyak temanku yang ngomong. Dan setelah terlihat skor 2-1 itu aku nggak lihat lagi ke layar, tau-tau ketika aku lihat lagi, layar sudah digulung karena ada band yang mulai manggung dengan penyanyi tiga orang, satu cowo berambut gundul dan dua cewe.

Ada yang menarik, di meja dekat panggung ada cewe yang sepintas seperti kamu, bergaun hitam dengan pundak dan punggung atas terbuka dan cuma ada tali pundak kecil. Rambut dan badan dia mirip betul sama kamu, tapi karena posisi dia berdiri dekat meja membelakangi aku jadi aku nggak lihat muka dia. Waktu kemudian dia berjalan untuk pindah ke tempat biliar, muka dia kelihatan sedikit dari samping, tapi tertutup rambut jadi kurang jelas.

Sekitar jam sebelas malam aku pulang, naik taksi ke tempat aku titip sepeda di dekat Polsek Cinere. Naik taksi karena diongkosin oleh temanku Boy, kalau nggak sih aku naik angkot. Sampai rumah jam duabelas lebih.


Jakarta, 25 Januari 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: