Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb


HAL: Big History Project Dari Bill Gates


…….
…….
…….
…….
…….
…….
…….
…….
…….
…….


Pagi tanggal 20 April 2011 waktu aku buka Twitter ada sesuatu yang baru. Sebelum ini, seperti dapat dilihat pada pesan Bill Gates yang aku muat di surat “Pesan Bill Gates Dan Presiden Obama Seputar Ulang Tahun Rahma 7 April 2011“, kalau buka Twitter tanpa melakukan sign-in maka pesan yang muncul dari Paris Hilton atau dari kamu dimana aku sebagi follower, di sebelah samping pesan itu tidak muncul foto. Setelah aku sign-in, barulah akan muncul pesan yang lengkap dengan foto kamu ataupun Paris Hilton.

Sedangkan untuk Bill Gates, karena aku bukan follower dia maka pesan yang muncul tetap yang tanpa foto di samping. Oleh sebab itu kalau aku mengutip pesan Bill Gates untuk surat-surat di wordpress ini maka aku sertakan header yang memuat foto Bill Gates.

Tapi pagi hari 20 April 2011 ada perubahan desain Twitter, waktu aku buka Twitter Bill Gates ternyata sudah dilengkapi dengan foto di sebelah samping pesan.

Ada yang penting pada pesan Bill Gates kali ini, yaitu seperti respon terhadap suratku sebelum ini soal aku melamar untuk suatu award dari sebuah perusahaan di Swiss. Seperti aku sebut di surat itu, tema yang aku usung untuk award tersebut adalah soal “the Wave” yaitu keinginanku mengeksplorasi lebih lanjut beberapa kejadian besar di dunia yang seperti terkait dengan aku, antara lain “wave” berupa Tsunami 2004 dan 2011, serta gelombang demokrasi di Eropa Timur dan kemunculan Bill Gates dan Bill Clinton di puncak dunia setelah aku kerja di American Express dengan boss bernama Bill Mould pada tahun 1989.

Surat soal “the Wave” itu aku tulis dan muat di WordPress pada tanggal 12 April 2011. Dan pada tanggal yang sama ternyata di Twitter ada pesan Bill Gates yang memuat soal “Big History Project”, suatu proyek yang dirintis oleh Bill Gates dan David Christian, lengkap dengan link menuju situs “Big History Project” itu.

International Big History Association merupakan suatu organisasi yang membangun keselarasan studi dan pengajaran antar disiplin ilmu, berkaitan dengan sejarah Kosmos, Bumi, Kehidupan, dan Kemanusiaan.

Diantara orang-orang yang ada dalam tim yang mendampingi Bill Gates pada proyek itu, selain ada nama David Christian juga ada nama Sal Khan. Nama lengkap Sal Khan adalah Salman Khan, seorang Amerika dengan orangtua campuran dari India dan Bangladesh. Salman Khan lahir tahun 1977, lulusan Massachusetts Institute of Technology dan Harvard Business School.

Pada situs Khan Academy, diantara staff dalam tim pengelola selain ada nama Ben dan nama-nama lain, juga ada nama Bilal. Mengingatkan pada nama seseorang yang di jaman Rasulullah s.a.w. menjadi orang pertama yang mengumandangkan azan, yaitu Bilal.


Jakarta, 21 April 2011.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: