Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Umroh April 2012 Di Jeddah Dan Medinah


Umroh
17 – 26 April 2012
……..
……..
……..
Pesawat Garuda Boeing-747 di Bandara Soetta Cengkareng  yang akan digunakan untuk aku dan rombongan melaksanakan ibadah Umroh pada 17-26 April 2012. Perjalanan ibadah Umroh yang aku tak sangka-sangka akan terjadi, dibiayai oleh kakak dan kakak iparku yang di Pondok Bambu.
Lantai atas pada baris terakhir deretan kursi sebelah kiri dekat tangga adalah tempat duduk yang aku dapatkan saat berangkat. Sedangkan pada deretan kanan masih ada dua baris kursi lagi di belakangku.
Baru pertama kali naik pesawat terbang, aku sudah langsung mengalami terbang jarak jauh 9,5 jam penerbangan non-stop dari Jakarta ke Jeddah.
Para penumpang ketika akan turun di bandara Jeddah. Sebagian besar penumpang adalah jemaah Umroh dari berbagai rombongan Indonesia. Tahun ini disebutkan sebagai tahun dengan jumlah jemaah Umroh yang lebih besar dari tahun-tahun terdahulu, sebab kalau naik haji masih harus tunggu cukup lama. Peminat yang mendaftar haji tahun ini, baru akan berangkat pada tahun 2019.
Sampai di bandara Jeddah setelah 9,5 jam penerbangan non-stop dari Jakarta, dilanjutkan dengan naik bus 6 jam menuju Medinah.
Setelah sekitar 4 jam naik bus, berhenti dulu di sebuah tempat yang ada beberapa toko, restoran, dan sebuah mesjid, untuk sebagian penumpang pergi ke toilet.
Beberapa bus lain juga berhenti di tempat tersebut, untuk memberi kesempatan sebagian penumpang yang ingin ke toilet.
……..
Sampai di Medinah, orang-orang baru pada keluar dari mesjid Nabawi seusai sholat Shubuh.
Hotel Dyar International tempat rombongan kami menginap, dekat dengan mesjid Nabawi, tinggal menyeberang jalan dan lewat lorong, mungkin cuma sekitar 50 meter.
……..
Sebelah kiri adalah deretan bangunan dimana hotel Dyar International tempat kami menginap berada, dan di sebelah kanan adalah bangunan hotel Madinah Hilton.
……..
Loby hotel Dyar International saat rombongan menunggu pembagian kamar hotel.
……..
Pemandangan dari jendela kamar hotelku di Medinah, terlihat bangunan di seberang jalan dan di kejauhan tampak satu menara dari mesjid Nabawi. Jarak dari hotel ke mesjid Nabawi mungkin cuma sekitar lima puluh meter. Lorong di antara dua bangunan itu merupakan jalan menuju mesjid Nabawi, di kiri dan kanan ada toko-toko, dan lorong itu ramai dengan pedagang kaki lima kalau sedang waktu selesai sholat.
Pintu masuk ke dalam mesjid Nabawi, Medinah.
Saat sedang menunggu sholat di dalam mesjid Nabawi.
……..
Lubang-lubang untuk AC di tiap pilar dalam mesjid Nabawi.
……..
Tangki-tangki air dari plastik untuk air zam-zam.
Kalau dari dalam mesjid Nabawi mau kembali ke hotel, melalui lorong yang ada logo supermarket Bin Dawood.
……..
Ada dua restoran di lantai Mezanine yang diperuntukkan kepada rombongan Umroh untuk makan pagi, siang dan malam. Selain beberapa rombongan Indonesia dari berbagai Travel Biro, yang juga banyak adalah rombongan dari Turki.
……..
Diantara jadwal ziarah rombonganku adalah menuju mesjid Quba, sholat dua rokaat di dalam mesjid.
……..
Berfoto dulu di halaman mesjid Quba sebelum melanjutkan perjalanan ziarah.
Ziarah ke bukit tempat perang Uhud dimana 70 syuhada tewas pada zaman Rasulullah s.a.w. Diantara para syuhada adalah Hamzah r.a., ynag merupakan sahabat sekaligus paman nabi.
……..
Mengunjungi kebun kurma di Medinah, boleh coba kurma sesuka hati dan gratis, tapi kalau mau bawa pulang kurma itu harus bayar.
……..
Ketemu rombongan ustadz Subkhi Al Bughuri di kebun kurma.
Para penjual di dalam toko yang ada di kebun kurma adalah orang-orang Indonesia, dan para pengunjung juga sebagian besar adalah orang-orang Indonesia.
……..
……..
……..


Jakarta, 9 Mei 2012.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: