Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Mimpi Kuburan Dan Kejadian Saat Berziarah Kubur Ke Orangtuaku

ATV Honda, dengan roda yang gemuk. http://www.honda.com Suzuki RV90 dengan roda yang juga gemuk, diproduksi sejak tahun 70-an. usuarios_multimania_es

…..
Surat kuburan ibuku yang aku perpanjang pada hari Selasa lalu, tanggal 12 Oktober 2010.

Selasa 12 Oktober 2010 malam, kebetulan di Trans-7 ada acara mengenang satu tahun almarhum Meggy Z, dengan bintang tamu Dewi Persik berbaju hitam, Ernie AB, Yus Yunus, Jagad Ariani, serta istri almarhum Meggy Z, dengan penyanyi latar Kiki yang juga berbaju hitam. Sebagian penonton terdiri dari polisi.
…..

…..
Eric Stoltz as the original Marty McFly
…..
Yahoo ! Movies — By The Hollywood Reporter · October 12, 2010
…..
Everyone knows the classic 1985 film “Back to the Future” featured a boyish Michael J. Fox in a winning performance as Marty McFly. But Fox was not the original McFly. In fact, Eric Stoltz was five weeks into shooting the famed McFly role when director and co-writer Robert Zemeckis made a drastic production decision — changing his lead actor.
…..
Details of the shocking Hollywood switch and never-before-seen footage of Stoltz as McFly are part of the extras package for the “Back to the Future 25th Anniversary Trilogy” to be released on Blu-Ray on Oct. 26.
…..

Michael J. Fox dalam film tahun 1985 “Back To The Future”. Yahoo ! Movies


Sekitar tanggal 2 Oktober 2010 aku mimpi kuburan. Mula-mula sih seperti cuman bepergian dengan dua orang lain, lewat di depan sebuah bangunan yang tidak terlalu baru dan kata salah seorang rekanku di mimpi itu adalah “ini pabrik pak itu tuh….”. Kemudian aku dan dua orang itu melawan arus karena ada pertigaan dekat situ yang kalau berputar dulu akan terlalu jauh.

Setelah masuk ke sebuah jalan di pertigaan itu, aku sempat jalan kaki, tidak lagi naik motor bersama dua rekan itu. Dan saat itu baru aku tau motor yang aku naiki adalah motor dengan roda yang gemuk, kalau sekarang seperti roda pada kendaraan roda empat ATV yang suka ada di tempat rekreasi luar ruang. Dulu tetanggaku pada tahun tujuhpuluhan ada yang pernah punya sepeda motor dengan roda gemuk seperti itu, Suzuki RV90, dan dia tinggal di rumah nomer 29.

Lanjut ke soal mimpiku, beberapa saat kemudian jalan yang lurus panjang itu ternyata buntu, dan ada pintu masuk ke areal kuburan. Aku dan dua orang itu masuk, melewat jalan selebar sekitar satu meter terbuat dari semen dan bebatuan. Di ujung jalan kecil itu ada pagar besi warna hitam, tinggi sekitar satu meter, namun sudah rubuh, terlihat tembok kiri kanan pagar itu ikut roboh dengan retakan diagonal. Akupun melompati pagar roboh itu, dan di sebelan kanan ada dua orang seperti petugas kuburan sedang berdiri di teras bangunan kantor pekuburan itu. Aku berjalan rada ke kiri, dan ketemu seseorang, lalu ngobrol sambil duduk di semacam trotoar semen setinggi sekitar tiga puluh senti. Kemudian aku baru tau bahwa orang yang ngobrol sama aku itu adalah temanku Erry yang sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Pada hari Selasa yang lalu, tanggal 12 Oktober 2010, kebetulan aku emang harus ke kuburan di daerah Pondok Kelapa untuk memperpanjang surat kuburan ibuku yang berlaku tiga tahun. Itupun sudah rada terlambat hampir satu tahun, karena seharusnya sudah diperpanjang pada tahun lalu.

Dari Blok M aku semula merencanakan naik bus yang ke Priok, nomer P-89, tapi setelah ditunggu ternyata lama gak muncul. Maka ketika ada kenek bus meneriakkan Cawang UKI, aku langsung mendekati, bus Mayasari P-13 jurusan Blok M – Pulogadung.

Sampai di Cawang aku turun, untuk ganti naik Mikrolet, tapi aku lupa yang nomer berapa, kalau nggak salah 19 atau 49 atau 29. Kebetulan muncul beberapa Mikrolet nomer 19, mobil baru Daihatsu Grand, akupun langsung naik.

Beberapa meter kemudian, naik seorang cewe, pakai rok hitam, stoking hitam, blus ungu, badan seperti Sarah Azhari, rambut panjang di cat kecoklatan. Mungkin sales girl dari toko mobil sebab beberapa saat kemudian dia bicara di telepon dengan seorang ibu dan menjelaskan mobil akan dikirim lalu pembayaran pertama bisa lewat BCA. Badan dia yang padat itu mengingatkan aku pada mimpi naik sepeda motor beroda gemuk yang aku sebut diatas.

Sampai di pertigaan, atau sebetulnya perempatan tapi karena yang satu menyeberangi Kalimalang jadi sepintas seperti pertigaan, ternyata Mikrolet itu tidak berbelok ke jalan yang menuju kuburan. Akupun turun dari Mikrolet, dan berjalan seperti pada mimpiku itu. Kemudian naik Mikrolet lain, nomer 29, yang sedang menunggu penumpang. Sehingga seperti pada mimpiku itu, dimana saat memasuki sebuah jalan sesudah pertigaan aku baru sadar bahwa motor yang aku naiki adalah motor beroda gemuk seperti motor tetanggaku dulu yang tinggal di rumah nomer 29.

Saat masih menunggu penumpang lain di Mikrolet itu, lewat sebuah truk warna kuning membawa pipa-pipa, mengingatkan aku pada pabrik pipa Bakrie yang dulu merupakan bisnis utama dari keluarga Bakrie. Sehingga seperti pada mimpi itu waktu rekanku bilang di depan sebuah bangunan pabrik yang agak lama “ini pabrik bapak itu tuh…..”.

Selesai memperpanjang surat kuburan ibuku di kantor pemakaman, aku sempatkan ziarah ke makam ibuku lalu ke makam bapakku yang berada di tempat sama tapi rada jauh. Sekitar setahun yang lalu muncul berita di TV bahwa sebagian kuburan disitu akan terkena proyek Banjir Kanal Timur, dan baru kemarin itulah aku sempat melihat Banjir Kanal Timur itu yang ternyata cukup dekat dengan kuburan bapakku. Lokasi kuburan bapakku itu ada di deret kedua dari pinggir, dekat sederet rumah penduduk, dan di belakang deretan rumah itulah terletak Banjir Kanal Timur. Sehingga seperti pada mimpiku tentang pagar roboh di kuburan, beberapa rumah disitu yang semula ada dulu, nampak sekarang sudah tidak ada lagi.

Malam hari, Selasa 12 Oktober 2010 malam, kebetulan pula di Trans-7 ada acara mengenang satu tahun almarhum Meggy Z, dengan bintang tamu Dewi Persik berbaju hitam, Ernie AB, Yus Yunus, Jagad Ariani, serta istri almarhum Meggy Z, dengan penyanyi latar Kiki yang juga berbaju hitam. Sedangkan sebagian dari tamu adalah para anggota Polri dengan celana panjang berwarna gelap. Sehingga semua itu seperti pada mimpiku soal pagar roboh di ujung jalan dalam kuburan.

Kemudian Rabu pagi 13 Oktober 2010 di Yahoo ada berita mengenai pengungkapan video film yang diproduseri Steven Spielberg dan cukup terkenal pada pertengahan tahun 80-an, film “Back To The Future”, dibintangi Michael J. Fox dan Christopher Jones. Terungkap pada video itu bahwa semula film itu akan dibintangi oleh Eric Stoltz, namun setelah lima minggu pengambilan gambar, disepakati untuk mengganti Eric Stoltz dengan Michael J. Fox.

Bahwa kemunculan berita penggantian pemeran utama film tahun 1985 itu dari Eric Stoltz menjadi Michael J. Fox itu baru muncul setelah aku ke kuburan kemarin, seperti terkait dengan mimpiku mengenai aku masuk ke areal kuburan dan ketemu temanku Erry yang sudah almarhum.

Selesai berziarah ke makam ibu dan bapakku, saat melangkah menuju pintu gerbang depan kuburan aku lihat di seberang jalan ada beberapa gerobak pedagang makanan. Jam sudah sekitar jam 12 lewat, maka aku menyeberang jalan dan membeli empat buah combro. Lumayan enak, gak seperti combro biasa sebab di bagian luar dikasih tepung tipis seperti ayam Kentucky. Agar tenggorokan gak seret aku sekalian beli teh kotak di toko yang ada disitu, dan ada cewe Arab berjilbab yang ikut masuk ke toko itu. Karena sudah siang dan khawatir kesorean sampe rumah, aku segera menyeberang jalan lagi untuk naik Mikrolet.


Jakarta, 14 Oktober 2010.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


One Response to “AB302. Mimpi Kuburan Dan Kejadian Saat Berziarah Kubur Ke Orangtuaku”


  1. Makasih sharenya Gan,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: